Pemeriksaan akurat untuk mengetahui kehamilan


Selain gejala-gejala kehamilan yang telah dijelaskan, mungkin ada beberapa pertanyaan bagaimana dan kapan pemeriksaan yang akurat apakah saya hamil atau tidak?

Bila terjadi pertemuan sel sperma dan sel telur (konsepsi) dan konsepsi ini tertanam dalam endometrium, ia akan membentuk sel yang kita sebut sinsitiotropoblas. Nah, sel ini yang akan menghasilkan hormon kehamilan yang disebut sebagai human chorionic gonadotrophin (hCG). Hormon kehamilan ini dapat dideteksi dalam darah dan urin kira-kira hari ke-8 dan 9 SETELAH terjadi konsepsi. Pemeriksaan dalam darah atau urin dapat berupa kualitatif atau kuantitatif.

Tes kehamilan dalam urin biasanya positif bila kadarnya diatas 20 mIU/mL. Kadar ini akan muncul 2-3 hari sebelum hari menjelang haid. Tes ini dapat dilakukan 3-5 menit. Bila hasilnya positif, diduga kuat anda hamil. Namun bisa juga negatif, namun anda mengalami suatu keadaan yang disebut hamil anggur atau mola hidatidosa. Perlu diingat juga, produk tes kehamilan ini berbeda-beda sensitifitasnya, tergantung pabrik yang membuatnya. Jadi jangan segan-segan untuk mencoba produk yang berbeda-beda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s